Kamis, 26 Oktober 2017

LIPUTAN JURNALISTIK TENTANG KULINER LEGENDARIS BETAWI

ES SELENDANG MAYANG MINUMAN TRADISIONAL BETAWI

Siapa sih yang tidak mengenal kuliner betawi? Mulai dari roti buaya, putu mayang, asinan betawi hingga kerak telor merupakan kuliner betawi populer yang sudah jarang sekali untuk ditemukan. Diantara kuliner betawi, Roti Buaya lah yang lebih terkenal karena memang sering ada di hajatan dan makanan kerak telor pun juga masih sangat mudah ditemukan karena peminatnya pun masih sangat banyak.
Namun diantara semua kuliner betawi yang disebutkan, taukah kamu ternyata terdapat kuliner khas Betawi yang dingin dan segar? Kuliner tersebut adalah Selendang Mayang. Mungkin memang namanya masih terdengar asing ditelinga karena keberadaannya sudah sangat jarang ditemukan. Karena sudah sangat jarang ditemukan kuliner Selendang Mayang juga sering disebut sebagai kuliner pusaka dari Betawi.
Salah satu minuman tradisional Betawi satu ini mungkin sangat pas untuk di nikmati saat cuaca panas di kota besar seperti Jakarta. Nama minuman tradisional satu ini adalah Es Selendang Mayang.

Apakah Es Selendang Mayang itu?


Es Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional Betawi yang menyegarkan. minuman satu ini sangat cocok sekali di sajikan saat cuaca panas atau saat haus. Selain menyegarkan, Es Selendang Mayang juga bisa berguna untuk mengurangi rasa lapar.

Es Selendang Mayang ini dulu sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi Minuman satu ini awalnya merupakan salah satu minuman yang di sajikan saat acara tertentu seperti acara lebaran dan acara keluarga lainnya. Namun seiring dengan perkembangan, minuman satu ini mulai tenggelam dan sudah jarang kita temui karena banyak yang menganggap minuman satu ini merupakan minuman kuno.

Es Selendang Mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kuah yang di gunakan terbuat dari bahan seperti air santan, daun pandan, gula merah. Dalam proses pembuatannya, air di masak hingga mendidih, kemudian di masukan daun pandan, garam,dan gula pasir hingga larut, atau bisa juga di tambahkan susu untuk penambah rasa. Kemudian masukan tepung beras dan di aduk dengan cepat hingga tercampur dan merata. Setelah setelah matang kemudian tuangkan kedalam Loyang dan di beri pewarna makanan. Kemudian ratakan perwarna makanan pada adonan tersebut sampai rata, lalu dinginkan hingga mengeras. 

Untuk penyajiannya, setelah adonan dalam Loyang tersebut mengeras, kemudian di potong kecil dan di taruh ke dalam gelas. Kemudian di siram dengan air santan dan air gula merah, tidak lupa tambahkan juga es batu. Selain air santan dan gula merah, pada penyajian Es Selendang Mayang ini ada juga yang menggunakan potongan buah nangka agar menambah cita rasa dan aroma pada es tersebut. 

Nama Selendang Mayang sendiri berasal dari makanan itu sendiri, kata "Selendang" karena warna makanannya yang berwarna hijau putih dan merah seperti selendang para penari. Sedangkan kata "Mayang" berarti kenyal dan manis.
Dalam perkembangannya, Es Selendang Mayang ini mulai kurang di minati dan jarang di kita temui. Karena sudah dianggap kuno oleh masyarakat, maka tidak banyak orang yang menjajakan minuman tradisional satu ini. Namun bagi anda pecinta kuliner tradisional yang ingin mencicipi, anda masih bisa menemukannya di tempat yang kental akan adat Betawi di Jakarta seperti di Setu Babakan, Kota Tua Jakarta, Ragunan dan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Pada acara-acara besar di jakarta akan banyak ditemukan kuliner khas Jakarta yang bahkan sampai saat ini sulit ditemukan.

Nah berikut merupakan video liputan saya mengenai "Kuliner Legendaris Betawi Es Selendang Mayang


https://www.youtube.com/watch?v=yvYxrvXXEGk&t=6s


Cukup sekian pengenalan tentang Es  Selendang Mayang Kuliner Legendaris Betawi, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar